Tuesday, August 15, 2017

Semua Akan Ada Gantinya

[ Semua Akan Ada Gantinya ]
Puncak kemerdekaan seorang hamba adalah adalah saat ia mampu menahan diri dari apa yang diharamkan Allah, padahal jiwanya amat mencintai hal itu, namun ia meninggalkannya karena Allah semata,


Mereka itulah orang-orang yang telah diuji hatinya oleh Allah untuk bertaqwa, bagi mereka ampunan dan pahala yang besar" (QS: Al Hujurat: 3)
Sahabat, Tak perlu gusar bila harus kehilangan sesuatu di jalan Allah... Karena ada ganti untuk setiap yang engkau tinggalkan karena-Nya. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:
Barangsiapa yang meninggalkan sesuatu karena Allah, niscaya Allah akan menggantinya dengan yang lebih baik dari apa yang ditinggalkannya" (HR. Ahmad)
Qatadah rahimahullah mengatakan:
Tidaklah seorang laki-laki yang mampu melakukan perbuatan yang haram, kemudian dia meninggalkannya, dimana dia tidak meninggalkannya kecuali karena takut kepada Allah azza wa jalla, maka Allah akan mengganti apa yang ditinggalkannya tersebut dengan sesuatu yang lebih baik pada kehidupan dunia sebelum kehidupan akhirat." Iya. .. Semua ada gantinya. ..
Yusuf pernah menolak Zulaikha, lalu Allahpun menggantinya dengan kekuasaan dan wanita yang halal.
Sulaiman pernah menyembelih kudanya karena membuatnya lalai dari mengingat Allah, lalu Allahpun menggantinya dengan angin yang dapat membawanya kemana saja.
Dahulu ada seorang pedagang yang selalu memberi hutang pada orang-orang. Suatu hari dia mengatakan kepada pembantunya, "Bila engkau mendatangi orang yang sulit, maka maafkanlah dia. Mudah-mudahan Allah memaafkan kita". Rasul bersabda: "Orang itupun menemui Allah lalu Allah mengampuninya." (Muttafaq Alaihi)
Alangkah indahnya balasan Allah itu. Seolah menegaskan kepada kita bahwa hidup tak selamanya berjalan menurut kalkulasi kita semata.
Oleh : Pusat Buku Sunnah